Tuesday 29 December 2015

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Mesin Absensi Sidik Jari

Anda berencana membeli mesin absensi sidik jari, tapi masih bingung harus memilih yang mana? Jangan khawatir, karena Anda sudah membaca artikel yang tepat. Di sini akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli mesin sidik jari.

Mendapatkan mesin yang tepat untuk absensi di perusahaan itu gampang-gampang susah. Alasannya, karena teknologi biometrik yang dipakai masih baru dan belum banyak dikenal. Selain itu, banyak sekali barang palsu yang beredar di pasaran.

Jika salah beli, tentu akan sangat merugikan, baik secara biaya maupun administrasi perusahaan. Apalagi jika mengingat kegunaannya yang bisa dijadikan barang investasi di masa mendatang. Untuk itu, Anda perlu jeli memilih mesin absensi. Mulai dari kondisi dan kualitas barang, hingga pelayanan yang ditawarkan. Untuk memudahkan Anda memilih, coba perhatikan 4 hal berikut saat membeli mesin sidik jari. Antara lain:

Spesifikasi Produk Mesin Sesuai Kebutuhan 

Spesifikasi Produk Mesin Sesuai Kebutuhan
Spesifikasi Produk Mesin Sesuai Kebutuhan / www.downloadandroid.co.uk
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait spesifikasi produk mesin absensi. Spesifikasi ini sangat penting karena bisa memudahkan jika tepat memilih, dan menyusahkan ketika salah pilih.

1. Tipe dan Kapasitas

Ada dua tipe yang banyak digunakan, yakni "stand alone" atau "PC based". Jika jumlah karyawan ratusan hingga ribuan, sangat dianjurkan memakai tipe stand alone. Bila karyawan kurang dari seratus, Anda bisa memilih salah satu tipe. Sesuaikan saja dengan sistem kerja di perusahaan Anda. Sementara itu, kapasitas berkaitan dengan kemampuan mesin mendeteksi jumlah user atau sidik jari.

2. Sistem Kerja

Sistem kerja mesin sidik jari menyangkut kecepatan pembacaan dan pengaturan model absensi. Pilihlah mesin absensi yang mampu membaca sidik jari kurang lebih 2 detik. Adanya indikator yang menampilkan absen sukses atau gagal juga penting. Selain itu, Anda perlu mengontrol cara kerjanya, seperti spesifikasi kerja shift.

3. Fasilitas Komunikasi

Mesin absensi sidik jari terbaru semakin banyak dilengkapi sejumlah fasilitas komunikasi. Seperti WiFi, USB kabel, TCP/IP dan sebagainya. Semakin beragam fasilitas dan semakin bagus kualitasnya, tentu harganya juga akan semakin mahal. Termasuk adanya fungsi ganda pada mesin sidik jari, seperti mengontrol pintu. Anda perlu menyiapkan bujet lebih, jika butuh mesin dengan fasilitas seperti itu.


Pastikan Keaslian dan Dapatkan Garansi 

Pastikan Keaslian dan Dapatkan Garansi
Pastikan Keaslian dan Dapatkan Garansi / www.mygymsoftware.com
Belilah mesin absensi sidik jari di distributor resmi. Pilih merek terbaik dengan spesifikasi sesuai kebutuhan kantor. Jika barangnya asli, Anda perlu mendapatkan kelengkapan berupa buku manual dan perangkat lunak absensi. Mesin absensi asli juga memiliki nomor seri yang bisa dipakai untuk mengecek legalitas produk. Sangat baik jika mesin yang Anda beli memiliki perangkat keras berlinsensi internasional.

Selain itu, dapatkan garansi dan pastikan merek yang dibeli memiliki service center terdekat. Garansi memberikan jaminan dan kemudahan untuk Anda mengoperasikan mesin sidik jari.

Sesuaikan dengan Bujet 

Sesuaikan dengan Bujet
Sesuaikan dengan Bujet / www.gettyimages.com
Harga mesin absensi itu beragam dan tergantung pada fitur-fitur yang melengkapinya. Semakin banyak fitur, harga juga akan semakin mahal. Di pasaran, harga rata-rata mesin absensi sidik jari mulai Rp1 juta hingga puluhan juta rupiah.


Layanan Purnajual 

Layanan Purnajual
Layanan Purnajual / www.decodedscience.org
Sangat baik jika Anda menemukan vendor atau penjual mesin absensi yang memberikan layanan purnajual. Layanan tersebut bisa berupa garansi atau ketersediaan training pemakaian alat. Faktanya, cukup banyak perusahaan yang tidak bisa mengoptimalkan fungsi mesin sidik jari, karena tak memiliki layanan training tersebut.

Untuk menemukan vendor atau distributor mesin absensi seperti di atas, bisa bertanya pada rekan, mencari rekomendasi lewat internet, testimonium, review, atau menanyakan langsung ke penjual. Jangan hanya tergiur dengan harga atau kelengkapan fitur semata. Sesuaikanlah mesin sidik jari yang akan dibeli dengan apa yang paling dibutuhkan oleh kantor Anda. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment