Saturday, 2 January 2016

Masalah yang Umum Terjadi pada Mesin Absensi Sidik Jari dan Solusinya

Walaupun kita tidak menginginkannya, namun masalah pada saat penggunaan absen atau pada perangkat lunak absensi, bisa saja terjadi. Hal ini tentu wajar, mengingat mesin ini adalah barang digital elektronik. Permasalahan-permasalahan umum yang sering terjadi pada mesin fingerprint reader adalah:

1. Identifikasi Sensor Lambat

 
Identifikasi Sensor Lambat

Scan absensi bisa menjadi lambat. Hal ini karena mesin absensi memiliki batasan kapasitas sidik jari dan rekam transaksi yang akan berpengaruh pada sistem mesin. Semakin banyak data yang tersimpan, semakin lama pula proses identifikasi sidik jari. Apabila ini dibiarkan, maka lama-kelamaan akan muncul peringatan “no more space” yang bisa mengakibatkan mesin hanged dan scan tidak diterima. Yang bisa dilakukan adalah mengelola data secara berkala dengan mengunduh dan melakukan penghapusan. Sensor yang melambat bisa juga diakibatkan oleh faktor lain, misalnya kondisi permukaan sensor. Apabila kondisi kaca sensor buram, maka sebaiknya segera bersihkan.

2. Macet 

Macet

Mesin absensi sidik jari bisa macet disebabkan oleh masalah pada perangkat keras, adaptor, atau penyimpanan data. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengunduh semua data kemudian menghapus data di mesin. Atau bisa juga dengan merestart mesin.

3. Tidak Menerima Scan 

Tidak Menerima Scan





Masalah yang satu ini sering ditemui. Mesin absensi bisa saja tidak menerima scan dari seluruh karyawan atau sebagian karyawan. Jika hal ini terjadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

a. Keadaan permukaan sensor

Jika kondisi permukaan buram, maka bersihkanlah dengan selotip bening dan lakukanlah secara berulang-ulang. Apabila di permukaan ada goresan, maka kaca sensor harus diganti.

b. Memeriksa data karyawan dan sidik jari

Apabila semua data tidak terbaca, ada kemungkinan data karyawan tersebut tidak sengaja terhapus. Maka yang harus dilakukan adalah mengunggah kembali sidik jari dan data karyawan dari perangkat lunak absensi.

c. Tidak cukup ruang di ruang penyimpanan

Jika ini terjadi, maka akan ada nada peringatan no more space. Peringatan ini muncul karena data mesin penuh, sehingga data presensi perlu dihapus. Sebelum menghapus, pastikan semua data pada fingerprint reader sudah disimpan (backup).

4. Jam dan tanggal tidak sesuai

Masalah lain yang muncul pada mesin fingerprint reader adalah tidak sesuainya jam dan tanggal. Yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa menu pengaturan date dan time pada mesin, kemudian ubahlah sesuai dengan tanggal dan jam saat ini. Usaha lain misalnya dengan menggunakan sistem sinkronisasi waktu. Apabila keesokan hari jam dan tanggalnya kembali tidak sesuai, maka kerusakan tersebut dikarenakan oleh baterai c-mos. Kirimkan unit mesin sidik jari tersebut ke bagian service center untuk mengganti baterainya.

5. Tidak bisa terkoneksi dengan komputer

Masalah koneksi mesin dengan komputer sering kali muncul saat pertama kali pengaturan. Untuk pertama kalinya, Anda harus memeriksa kabel jaringan dan pastikan mesinnya sudah terkoneksi. Sistem koneksi mesin ada beberapa cara:

- Koneksi dengan kabel USB dan RS 232. Jika tidak bisa terkoneksi, umumnya disebebkan oleh kabel driver yang belum terinstal atau korup. Yang harus dilakukan adalah menginstal ulang driver kabel USB kemudian merestart komputer.

- Koneksi dengan menggunakan TCP/IP, yang harus diperiksa adalah kabel jaringan. Pastikan kabel sudah terkoneksi dengan baik. Koneksi bisa diperiksa dengan Ping IP mesin. Pengaturan IP mesin dan IP komputer harus menggunakan satu kelas/jenis. Default IP mesin biasanya menggunakan 192.168.1.201 dan 192.168.0.218. Bila sudah diatur namun masih belum bisa terkoneksi, Anda bisa mencoba disabled firework dan anti virus sementara.

6. Mesin Hidup Mati dan Mati Total 

Mesin Hidup Mati dan Mati Total



Kondisi mesin yang tidak stabil disebabkan oleh suplai daya listrik yang tidak stabil. Hal ini bisa disebabkan oleh output tegangan dan arus adaptor yang sudah tidak maksimal. Yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memindahkan adaptor ke stop kontak yang lain.

Fingerprint reader adalah alat elektronik yang sangat mungkin terjadi masalah. Untuk itu, setiap pengguna mesin absensi sidik jari membutuhkan seorang teknisi ahli untuk dapat menangani masalah/kerusakan yang timbul mendadak atau untuk melakukan perawatan mesin secara rutin. Jadi pastikan produk fingerprint reader Anda memiliki service center yang jelas.

5 comments:

  1. Saya sebagai pegawai merasa dirugikan dengan mesin sidik jari, saya absen dengan benar tetapi datanya tidak masuk saya dianggap absen. Apa sebabnya bisa seperti itu ? Apakah data saya bisa dimanipulasi sama admin ? Tolong penjelasannyav

    ReplyDelete
  2. bagaimana mengatasi solusi mesin apabila tidak bisa menampilkan peritem data seperti data; kehadiran, terlambat, dll

    ReplyDelete
  3. banyak keluhan dengan absen tersebut sehingga kerugian pada sekolah dan pegawai tidak terabsen, kerugian dalam perhitungan riwayat sertifikasi guru dll

    ReplyDelete
  4. bagimana kalok kulit jari kita terlalu tipis terus di mesin sidik jarinya gak bisa ebaca bagi mana cara mengtanya min....

    ReplyDelete
  5. Yng biasanya kabel adptor 1 strum 1 nya tdk ad strum, tpi 2 kabelnya menghasilkan strum bisa nggk ksih sran ap tuh yg rusak???

    ReplyDelete