Friday 1 January 2016

6 Keunggulan Mesin Absensi Sidik Jari sebagai Alat Absensi Karyawan

Mesin absensi sidik jari adalah salah satu jenis alat absensi biometrik yang paling umum digunakan. Mesin ini mendeteksi sidik jari yang memiliki sifat unik pada setiap individu. Bahkan kembar identik sekalipun memiliki sidik jari yang berbeda.

Jika Anda berniat membeli mesin absensi, jangan langsung tergiur dengan nominal harga yang murah. Baca dulu penjelasan di bawah ini mengenai keunggulan mesin absensi sidik jari sebagai alat absensi karyawan:


1. Praktis 

Praktis
Praktis / www.prweb.com
Untuk menggunakan mesin absensi ini, karyawan cukup memerlukan jari yang menjadi bagian tubuh dirinya. Tak ada alasan tidak bisa absen karena kartu tertinggal atau lupa kata sandi.


2. Ramah Lingkungan 

Ramah Lingkungan
Ramah Lingkungan / www.minutehound.com
Berbeda dengan mesin absensi manual yang boros kertas dan tinta, maupun mesin absensi digital dengan kartu PVC, alat pencatat kehadiran dengan sidik jari tidak menggunakan perlengkapan identifikasi yang bisa menjadi limbah. Dengan demikian, mesin absensi sidik jari sangat ramah lingkungan.


3. Proses Identifikasi yang Cepat 

Proses Identifikasi yang Cepat
Proses Identifikasi yang Cepat / www.networkworld.com
Jika menggunakan mesin absensi sidik jari, para pekerja cukup langsung menempelkan jarinya pada sensor di terminal. Tidak ada waktu terbuang untuk mencari kartu absensi atau memencet kata sandi.

Selain itu, alat pencatat kehadiran ini memiliki waktu identifikasi rata-rata yang lebih cepat dibandingkan mesin absensi biometrik yang lain. Sebabnya, sidik jari memiliki struktur yang lebih sederhana daripada wajah, iris, maupun sidik telapak tangan. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk mendapat parameter dan mencocokkannya ke basis data menjadi lebih singkat.

Kecepatan proses absensi adalah hal yang esensial. Sangat bermanfaat untuk menghindari antrian panjang bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak, misalnya ratusan atau ribuan.


4. Tidak Dapat Diwakilkan

Tidak Dapat Diwakilkan
Tidak Dapat Diwakilkan / www.shutterstock.com
Siapa yang tidak kesal dengan tingkah karyawan bandel yang suka menitip absen? Bila Anda menggunakan mesin absensi sidik jari, Anda tidak lagi perlu khawatir soal ini.

Sidik jari mempunyai karakteristik yang unik, yaitu polanya khas pada setiap orang. Hampir tidak ada dua orang yang memiliki sidik jari sama persis. Menurut penelitian, kemungkinan menemukan sidik jari yang serupa adalah 1 : 64 milyar. Dengan begitu, karyawan yang bolos atau datang terlambat tidak bisa mewakilkan absen pada orang lain.

5. Penghitungan Rekam Absensi Mudah

Penghitungan Rekam Absensi Mudah
Penghitungan Rekam Absensi Mudah / www.androidheadlines.com
Data yang masuk disimpan dalam bentuk digital dan dapat dipindahkan ke komputer. Perhitungan rekam absensi dapat dilakukan dengan bantuan perangkat lunak, sehingga menjadi lebih mudah. Hal ini sangat membantu Anda mendeteksi karyawan yang sering bolos atau datang tidak tepat waktu dengan lebih cepat. Selain itu, dapat membuat perhitungan potongan absen, perhitungan gaji, dan penentuan karyawan teladan semakin gampang.

Produk mesin absensi sidik jari saat ini umumnya memungkinkan Anda untuk mengecek rekam absensi secara real-time. Mesin absensi bisa langsung mengirimkan data ke komputer dengan sambungan TCP/IP (LAN). Dengan kemudahan ini, Anda bisa segera memeriksa karyawan yang datang terlambat pada hari itu.


6. Harganya Relatif Murah 

Harganya Relatif Murah
Harganya Relatif Murah / www.clipartbest.com
Secara nominal, harga mesin absensi termurah memang dipegang oleh mesin absensi manual. Namun jika kita bandingkan uang yang kita keluarkan dengan kemudahan yang kita dapatkan, mesin absensi sidik jari memiliki harga yang pantas. Dengan kata lain, harganya relatif murah di antara alat pencatat kehadiran biometrik lainnya.

Guna menyiasati pengeluaran, pilih spesifikasi mesin absensi sidik jari yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu membayar lebih untuk fungsi yang pada akhirnya tidak digunakan, contohnya basis data yang terlalu besar atau SMS Gateway untuk perusahaan yang tidak perlu notifikasi kehadiran karyawan.

Demikian kelebihan mesin absensi sidik jari dibandingkan mesin absensi lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang survei alat absen karyawan.

0 comments:

Post a Comment