Sunday, 27 December 2015

8 Manfaat Mesin Absensi Sidik Jari bagi Perusahaan

Mesin absensi sidik jari (fingerprint scanner), memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan untuk merekam kehadiran dan kinerja karyawan. Adapun beberapa manfaat mesin absensi karyawan bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

Manfaat Mesin Absensi Sidik Jari 

 
Manfaat Mesin Absensi Sidak Jari
Manfaat Mesin Absensi Sidik Jari

1. Memberikan Kemudahan dan Kecepatan dalam Mendata Absensi Karyawan

Kegunaan utama mesin absensi sidik jari adalah untuk mendata kehadiran karyawan oleh perusahaan, khususnya perusahaan besar yang telah memiliki ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Departemen HRD pada perusahaan besar seperti ini sangat berkepentingan untuk mengetahui, memantau, serta mengawasi daftar absensi karyawan.

Mendata dengan jelas dan pasti kehadiran masing-masing karyawan dalam jumlah besar akan sangat sulit dilakukan. Oleh karenanya, mesin absensi sidik jari sangat bermanfaat guna memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mendata absensi karyawan.

2. Memberikan Tanda Bukti Kehadiran Karyawan dengan Akurat

Setiap karyawan memasukkan data kehadirannya melalui mesin absensi sesuai prosedur yang berlaku, sebagai tanda bukti kehadiran.

Hal ini memudahkan Departemen HRD untuk mengetahui absensi karyawan tersebut dengan lebih akurat. Karyawan yang tidak hadir, dengan alasan apapun, sudah pasti tidak terdeteksi data kehadirannya dan dipastikan tidak masuk kerja.

3. Mencegah Tindakan Kecurangan dalam Praktik Absensi Karyawan

Dengan menggunakan mesin sidik jari, karyawan tidak dapat lagi bertindak kurang jujur dengan memanipulasi kehadiran, sebagaimana halnya bila memakai mesin manual. Hal ini disebabkan pendeteksian otomatis pada mesin absensi sidik jari membutuhkan data akurat berupa sidik jari karyawan yang bersangkutan secara langsung.

4. Perusahaan Bisa Mengetahui Kinerja Karyawan

Dengan adanya data yang secara otomatis tercatat dalam mesin absensi sidik jari, memungkinkan Departemen HRD untuk menghitung lama jam kerja karyawan dalam sehari dengan tepat. Penting bagi perusahaan untuk bisa mengetahui lama kerja setiap karyawan mulai masuk hingga pulang kerja secara akurat, melalui mesin sidik jari yang canggih dan terintegrasi dengan basis data.

Jam masuk dan pulang, serta jam lembur karyawan dapat dilihat secara langsung menggunakan mesin absensi sidik jari ini. Dengan demikian, HRD juga bisa memantau kinerja karyawan dilihat dari durasi waktu kerjanya.

5. Bisa Mengetahui Kedisiplinan Karyawan Terkait Jam Istirahat serta Jam Kerja Lembur

Dalam pencatatan data di mesin absensi karyawan ini, jam kerja karyawan dimulai dari saat autentifikasi data diri melalui mesin sidik jari dan saat jam kerja berakhir sebelum pulang.

Karyawan yang bekerja lembur serta ada keperluan tugas di akhir pekan pun, kelebihan waktunya dapat ditambahkan pada perhitungan jam kerja ini melalui rekaman data di mesin absensi sidik jari. Oleh karenanya, karyawan yang disiplin serta karyawan yang sering bekerja lembur bisa terlihat.

6. Menghitung Gaji dan Uang Lembur Karyawan

Setelah mempertimbangkan perhitungan jam kerja masing-masing karyawan, dengan memerhatikan ketepatan waktu bekerja pada laporan dari otomatisasi mesin absensi, dapat dilakukan perhitungan gaji serta uang lembur karyawan.

Perusahaan, terutama yang besar, sangat diuntungkan dengan penggunaan mesin absensi canggih ini. Dengan mesin sidik jari ini, bisa didapatkan informasi data yang akurat terkait kalkulasi upah dan uang lembur yang diterima karyawan sesuai dengan waktu kerjanya. Termasuk pengurangan gaji karena bolos kerja, cuti, atau sakit.

7. Menghitung Pembayaran Upah Buruh Harian

Bagi perusahaan dengan buruh lepas/harian, jumlah pemberian upah akan sesuai dengan kinerja masing-masing karyawan setiap harinya. Otomatisasi kalkulasi upah buruh harian bisa lebih efisien dan mudah.

8. Mengontrol Akses Pintu

Fitur khusus dari mesin absensi sidik jari ini bisa berguna untuk memberikan akses kontrol pada ruangan di kantor. Beberapa ruangan divisi perusahaan, karena menyimpan dokumen penting atau untuk tujuan lainnya, tidak membiarkan sembarang orang untuk masuk.

Itulah delapan manfaat mesin absensi sidik jari bagi perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membuat Anda mempertimbangkan pembelian mesin absensi sidik jari.


Sumber:
http://www.griyatekno.com/index.php?main_page=index&cPath=69_116

0 comments:

Post a Comment