Tuesday 22 December 2015

7 Keunggulan Mesin Absensi Sidik Jari (Sebuah Aplikasi Absensi yang Profesional)

Mesin absensi sidik jari, adalah mesin absen yang menggunakan deteksi sidik jari untuk mendata kehadiran karyawan. Karena mesin absensi manual memiliki cukup banyak kelemahan, maka sejak tahun 1997 sejumlah perusahaan mulai menggunakan cara absensi sidik jari yang tidak berbasis kartu. Saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi, mesin absensi biometric sudah bisa menggabungkan berbagai macam, seperti sidik jari, retina, suara ataupun bentuk wajah, di layar pendeteksi. Nah, lalu kapan saat yang tepat bagi perusahaan Anda untuk beralih dari pemakaian mesin absen manual ke mesin absensi sidik jari digital?


Kebutuhan Perusahaan

Kebutuhan Perusahaan

Jumlah karyawan ternyata menjadi faktor paling krusial dalam menentukan jenis mesin absensi sidik jari yang Anda pilih. Sebelum beralih ke mesin absen sejenis ini, Anda harus memerhatikan jumlah karyawan perusahaan. Jika jumlahnya masih di bawah 50 orang, penggunaan mesin absensi manual sudah cukup fungsional dengan harga yang lebih terjangkau.


Kekurangan dan Kelebihan Mesin Absensi Manual

Kekurangan dan Kelebihan Mesin Absensi Manual
Salah satu keunikan mesin absensi manual yaitu, apabila karyawan datang terlambat, mesin absensi akan mencetak keterangan menggunakan tinta merah. Selain harga yang terjangkau, perawatannya pun mudah. Dan bila terjadi kerusakan, perbaikannya hanya dengan membongkar perangkat kerasnya saja dan tentu tidak serumit mesin absensi digital.

Namun kekurangannya juga cukup banyak, mesin absensi manual sangat rentan akan terjadinya kecurangan karyawan. Seperti karyawan yang membolos kerja atau terlambat, bisa menitipkan absen kepada temannya. Tingkat akurasi waktu juga tidak terlalu akurat karena pencetak waktu bisa diatur ulang secara manual. Selain itu, sistem pelaporan dan informasi kepegawaian masih manual, sehingga rawan terjadi kesalahan penyalinan data.



Kelebihan Mesin Absensi Digital Dibandingkan Mesin Manual


Kelebihan Mesin Absensi Digital Dibandingkan Mesin Manual




Lalu apa saja kelebihan mesin absensi sidik jari digital dibandingkan mesin absensi manual? Karena berbagai fitur berbeda yang dimiliki oleh keduanya, tentu keunggulannya juga akan berbeda.


1. Lebih praktis dan cepat
Karyawan melakukan verifikasi hanya dengan menyentuh sensor sidik jari, wajah, atau suara pada layar pendeteksi.

2. Data lebih akurat, multi format, dan fleksibel.


3. Data bisa langsung disimpan dalam program komputer serta bisa diambil dengan mudah. Terdapat sistem pelaporan yang otomatis dengan sistem terintegrasi, bahkan mampu menghitung gaji dan lembur karyawan.


4. Memiliki kapasitas besar. Mesin ini mampu menampung kapasitas data yang besar, sehingga tidak perlu menggunakan kartu absensi manual yang berbiaya tinggi.


5. Sidik jari, suara, dan wajah bersifat khas. Hal ini membuat karyawan mustahil memanipulasi data serta memicu mereka untuk tidak terlambat datang ke kantor atau bolos bekerja.

6. Pengoperasian yang mudah. Tidak sulit mengoperasikan, meskipun termasuk produk high-tech.


7. Penggabungan antara absensi sidik jari dan wajah, kartu, serta password.

Mesin digital ini mempermudah penggabungan identifikasi. Identifikasi wajah menggunakan infra red camera, sehingga saat gelap pun, wajah Anda masih bisa terdeteksi.

Produk Terbaru Absensi Sidik Jari dan Wajah dalam Satu Mesin

Produk Terbaru Absensi Sidik Jari dan Wajah dalam Satu Mesin
Produk Terbaru Absensi Sidik Jari dan Wajah dalam Satu Mesin

Produk terbaru mesin biometric digital memiliki beberapa fitur canggih yang cukup signifikan tapi harganya masih terjangkau, yaitu mulai Rp780.000,00 - Rp4.000.000,00. Untuk memudahkan kombinasi identifikasi, mesin absensi ini menggabungkan identifikasi sidik jari, wajah, kartu, dan password.

Fitur utamanya :

● Layar warna, 2,4 inci, dilengkapi foto karyawan.
● Multi koneksi, Ethernet, USB Host dan USB Client untuk memudahkan pengambilan data dari mesin ke aplikasi absensi.
● Mendukung sistem jaringan DHCP/manual.
● Dapat menghitung izin, cuti, jam kerja shift/non shift, termasuk penanganan tindakan indisipliner (pulang awal, terlambat dan tidak scan kehadiran).
● Laporan multi format yang fleksibel, serta modul penggajian. Saat daya listrik padam, ada baterai internal.

0 comments:

Post a Comment