Monday 21 December 2015

Kartu atau Sidik Jari, Mana Mesin Absensi Karyawan yang Terbaik?

Galau memilih mesin absensi karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda? Coba baca info menarik di bawah ini terlebih dahulu. Ada dua jenis mesin absensi yang populer dan banyak digunakan saat ini. Yakni mesin absensi magnetic card dan mesin absensi sidik jari . Keduanya memakai teknologi canggih, praktis, dan sudah tersedia dalam beragam merek pilihan. Harganya pun sangat variatif, mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. Anda hanya perlu memilih mana yang terbaik untuk perusahaan. Cara mudah memilihnya ialah dengan membandingkan kedua mesin absensi tersebut, seperti penjelasan berikut ini:

Mesin Absensi Kartu

Mesin Absensi Kartu
Mesin Absensi Kartu
Secara umum ada dua model sistem absensi karyawan dengan kartu. Yakni menggunakan mesin absensi kartu manual atau mesin absensi rfid card. Mesin absensi manual sudah dikenal dan populer sekitar dua abad lalu. Masyarakat kerap menyebutnya “mesin ceklok” karena ukurannya kecil, tanpa listrik, dan harganya murah. Namun mesin ini sudah mulai ditinggalkan karena rentan kecurangan, kapasitas pengguna terbatas, dan ribet pengoperasiannya. Masyarakat modern lebih memilih mesin absensi magnetic card untuk mengidentifikasi karyawan. Alasannya karena pemakaian jauh lebih praktis, cepat, dan terintegrasi dengan komputer.

Mesin absensi karyawan ini mulai diminati sejak tahun 80-an. Harganya relatif murah, meski alat ini menggunakan teknologi canggih. Tapi secara keakuratan, mesin magnetic card masih riskan dengan kecurangan. Karyawan bisa saja menitipkan kartunya untuk diabsenkan oleh teman. Selain itu, kapasitas pengguna juga masih terbatas, karena memproduksi ID card butuh waktu cukup lama dan banyak biaya. Biasanya kapasitas penggunaannya hanya sekitar 250 kartu saja.

Simulasi Pemakaian
Data karyawan dikelola terlebih dahulu di komputer dan dintegrasikan dengan kartu yang akan dipegang masing-masing individu. Jika sistem instalasi telah selesai, kartu siap digunakan untuk mendata kehadiran karyawan. Setiap masuk dan pulang kerja, karyawan diwajibkan menggesekkan ID card pada mesin absensi. Data tersebut akan masuk ke sistem secara otomatis dan diproses staf HRD untuk melacak kedisiplinan karyawan.

Mesin Absensi Sidik Jari

Mesin Absensi Sidik Jari
Mesin Absensi Sidik Jari
Ini adalah salah satu mesin absensi karyawan jenis biometrik yang banyak dijumpai saat ini. Kehadiran karyawan dideteksi lewat sidik jari, sehingga susah dimanipulasi. Sidik jari sangat efektif mengatasi kecurangan karyawan yang suka menitip absen. Mesin absensi sidik jari ini sendiri mulai dikenal sejak tahun 1997. Keakuratannya sangat tinggi karena setiap manusia memiliki sidik jari unik dan berbeda-beda. Penggunaannya juga mudah dan praktis, karena terkoneksi dengan teknologi canggih.

Selain itu, mesin absensi satu ini juga memiliki kapasitas tak terbatas. Pendataannya dapat menampung ratusan hingga puluhan ribu karyawan sekaligus. Ini karena yang dibutuhkan hanyalah sidik jari, tanpa harus memproduksi ID card dengan tambahan banyak biaya. Kelemahan dari mesin absensi karyawan ini ialah pada sensitivitasnya. Ketika proses absen dilakukan, pendeteksian memiliki kemungkinan besar mengalami error atau lambat mengidentifikasi. Alasannya bisa karena kondisi mesin atau tangan yang kotor, berkeringat, atau basah. Jadi karyawan disarankan untuk membersihkan dan mengeringkan jarinya terlebih dulu sebelum melakukan absen.

Simulasi Pemakaian
Sama halnya dengan mesin absensi kartu, data karyawan perlu dikelola terlebih dahulu. Bedanya, mesin absensi fingerprint memakai media sidik jari. Jika proses integrasi sudah selesai, karyawan langsung saja menempelkan sidik jari pada mesin. Bagian HRD tinggal memantau kehadiran dan kedisiplinan karyawan lewat komputer.

Nah, untuk memilih yang terbaik, sesuaikanlah jenis mesin absensi dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika karyawan perusahan Anda banyak dan absensinya membutuhkan kecepatan dan efisiensi waktu, maka mesin absensi sidik jari bisa menjadi pilihan terbaik. Pilihan mesin absensi karyawan yang terbaik juga ditentukan lewat merek mesinnya. Jadi kumpulkan informasi dan detail produknya terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan sampai salah membeli dan menyesal di kemudian hari.

0 comments:

Post a Comment